RS helsa

Rontgen Gigi Dengan Periapikal

  • Rontgen Gigi dengan Periapikal adalah salah satu jenis rontgen gigi dengan teknik Periapikal X-Ray. Rontgen gigi ini menunjukkan keseluruhan gigi mulai dari mahkota gigi sampai pada akar dan tulang yang menyokong gigi kamu. Selain itu, digunakan untuk mencari masalah gigi yang berada di bawah permukaan gusi atau dalam rahang seperti gigi yang bertumpuk, kista, tumor atau perubahan tulang yang diakibatkan oleh adanya penyakit tertentu. Rontgen teknik ini memungkinkan dokter gigi dapat memastikan penanganan selanjutnya yang perlu dilakukan.

     

    Kapan Sebaiknya Dilakukan Pemeriksaan Rontgen Gigi?

    Sebaiknya upayakan untuk rutin mengunjungi dokter gigi selama 6 bulan sekali. Selain untuk memastikan kesehatan gigi, ada beberapa tujuan yang bisa dilakukan dengan melakukan rontgen gigi seperti mengetahui masalah pada mulut lebih dini. Dengan begitu, tentu penanganannya akan lebih cepat dan tepat.

    Mengetahui kondisi gigi yang bertumpuk lebih awal nyatanya bisa dilakukan guna mencegah posisi gigi terlalu ramai dan juga rapat.Hal ini bisa digunakan untuk merencanakan perbaikan susunan gigi agar gigi terlihat rapi. Ketika memiliki lubang gigi yang sudah sangat parah, rontgen gigi dilakukan untuk mempersiapkan terapi untuk gigi yang berlubang serta operasi cabut gigi.