Pemeriksaan CT Scan

Pemeriksaan Computerized Tomography Scan (CT Scan) adalah prosedur yang menggunakan sinar X dengan hasil yang diolah menggunakan komputer untuk menghasilkan gambar dalam irisan-irisan sehingga gambaran irisan yang diambil dapat terlihat dengan lebih detail. Dengan teknik ini, gambar yang dihasilkan akan jauh lebih detail dibandingkan Rontgen biasa sehingga dapat membantu diagnosis dengan lebih akurat.

CT Scan adalah pemeriksaan non-invasif yang sederhana. Pasien diminta berbaring di atas meja periksa yang akan masuk ke dalam mesin CT Scan berbentuk seperti terowongan. Sebelum melakukan CT Scan, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk konsultasi dan persiapan. Biasanya, pasien diminta untuk puasa selama beberapa jam sebelum melakukan CT Scan dengan disuntik cairan kontras. Sebelum melakukan CT Scan, sebaiknya pasien mengabari dokter mengenai alergi yang dimiliki, riwayat pengobatan yang sedang dilakukan, atau kondisi khusus lainnya seperti kehamilan.

Tujuan Pemeriksaan CT Scan

CT Scan adalah alat bantu pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi banyak hal seperti menilai di bagian kepala untuk mendeteksi jaringan yang mati akibat stroke, tumor, jaringan yang mengeras akibat tumpukan kalsium, pendarahan, dan trauma pada tulang

Penggunaan CT Scan dapat membantu Dokter Spesialis Syaraf dalam menentukan cara atau metode yang lebih akurat dalam menangani kasus trauma pada kepala. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengamati kasus kecelakaan.

Apakah CT Scan Berisiko?

Meskipun pemindaian tomografi terkomputasi (CT Scan) untuk bagian kepala tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun tetap ada komplikasi dan risiko yang mungkin muncul. Karena CT Scan adalah pemindaian yang berbasis radiasi, ada risiko kecil Anda dapat terjangkit kanker, terutama bagi pasien yang menjalani beberapa tes berbasis radiasi. Jika Anda khawatir soal ini, terutama bagi pasien anak-anak, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa untuk mengetahui risiko pemaparan radiasi dan seberapa perlu CT Scan diperlukan.

Kemudian, karena CT Scan juga menggunakan teknologi sinar-X seperti sinar-X konvensional, tindakan pencegahan dan batasan yang sama juga berlaku. Karenanya, pasien perlu memberi tahu dokter yang memeriksa jika pasien:

Beberapa pasien mungkin merasa gelisah atau tidak nyaman karena ruang yang terbatas di dalam alat pemindai CT. Dalam banyak kasus, biasanya obat penenang akan diberikan untuk menenangkan pasien tersebut.