PANORAMIK, RONTGEN GIGI

Pemeriksaan panoramic merupakan pemeriksaan penunjang yang digunakan dalam kedokteran gigi berupa bentuk foto Rotgen. Pemeriksaan gigi ini bertujuan untuk melihat lebih jauh dan jelas gambaran gigi dan jaringan lunak yang ada di sekitarnya.

Panoramik adalah pemeriksaan yang biasa dilakukan oleh Dokter Spesialis Gigi atau Dokter Spesialis Bedah Mulut dalam menegakkan diagnosis penyakit pada pasiennya. Pemeriksaan ini memberikan informasi pada dokter mengenai sinus maxillary, posisi gigi, dan kelainan tulang di daerah mulut. Pemeriksaan panoramik digunakan untuk merancang terapi atau pengobatan pada pasien gigi dan mulut. Selain itu, Rontgen Panoramik dapat mengetahui kelainan pada periodontal, kista pada tulang rahang, tumor rahang atau kanker mulut, gigi yang terganggu karena gigi geraham belakang yang baru tumbuh (wisdom teeth), kelainan rahang, sinusitis, dan kelainan terkait daerah mulut lainnya.

Prosedur Pemeriksaan Panoramik Rontgen Gigi

Pasien mengenakan pelindung apron dan menggunakan bite holder. Selama pemeriksaan, pasien diminta menutup bibir dan menekan lidah, tangan pasien berpegangan agar tetap seimbang dan tidak bergerak. Selanjutnya dagu diposisikan untuk bersentuhan dengan tempat dagu pada mesin pemeriksaan panoramik. Selama pemeriksaan, pasien diharapkan tidak menggerakkan kepala (akan dibantu dengan penahan kepala) serta diminta untuk bernapas normal dan tidak terlalu dalam.

Keuntungan dan Risiko Pemeriksaan Panoramik Rontgen Gigi

Rontgen Panoramik (Rontgen gigi) tidak menyisakan radiasi pada tubuh pasien usai pemeriksaan dilakukan. Selain itu Rontgen gigi biasanya tidak memiliki efek samping. Oleh sebab itu Rontgen gigi aman untuk digunakan pada pasien anak kecil karena film tidak perlu diletakkan di dalam mulut. Namun untuk keamanan, sebaiknya pasien wanita memberi tahu dokter apabila ada kemungkinan bahwa ia sedang hamil.