ICU/NICU/PICU

RSIA Prima Medika memiliki fasilitas Intensive Care Unit (ICU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) berstandar Internasional, dilengkapi dengan peralatan mutakhir termasuk monitor, inkubator, ventilator, Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), dan light therapy. Ketiga ruangan ini adalah ruangan untuk merawat pasien secara intensif. ICU diperuntukkan pada pasien dewasa, NICU adalah untuk pasien bayi baru lahir, sedangkan PICU untuk pasien bayi, balita, hingga umur 17 tahun.

Intensive Care Unit (ICU)

ICU di RSIA Prima Medika merawat pasien dewasa yang membutuhkan perhatian medis secara intens seperti pasien yang baru saja keluar ruang operasi sehingga membutuhkan pengawasan ketat. Pasien pasca operasi perlu diamati untuk memastikan kondisinya stabil dan tidak memiliki komplikasi. Pasien lain yang masuk dalam ruang ICU adalah pasien yang membutuhkan bantuan napas atau memiliki kondisi jantung yang tidak stabil.

Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

Bayi baru lahir memiliki banyak penyesuaian yang perlu dia lakukan terhadap dunia di luar rahim ibunya. Penyesuaian tersebut adalah langkah yang besar oleh sang bayi karena ia tak lagi bergantung sepenuhnya pada tubuh sang ibu seperti bernapas, makan, ekskresi, atau menjaga daya tahan tubuh. Beberapa bayi mengalami kesulitan untuk melakukan adaptasi. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal seperti lahir secara prematur, hambatan saat proses melahirkan, atau kelainan lainnya. Ruang NICU adalah ruangan yang sesuai untuk para bayi yang memiliki masalah-masalah tersebut.

Umumnya, bayi yang masuk dalam NICU adalah bayi lahir prematur (usia kehamilan hanya 37 minggu saat melahirkan), berat badan lahir rendah (di bawah 2,5 kg), atau memiliki kondisi khusus lainnya. Pelayanan NICU dan PICU berada di dalam Pusat Layanan Ibu dan Anak Primaya Hospital.

Pediatric Intensive Care Unit (PICU)

PICU adalah unit yang menyediakan pelayanan kesehatan untuk bayi, balita, hingga remaja. Tim medis PICU selalu siap memberikan pelayanan kesehatan 24 jam untuk pasien bayi, balita, dan remaja yang kritis serta membutuhkan pengamatan intensif. Layanan kesehatan yang diberikan pada bagian ini tidak mengabaikan kebutuhan pokok anak, misalnya perhatian pada tumbuh kembang secara fisik maupun psikologis dalam pengambilan keputusannya. Pelayanan NICU dan PICU berada di dalam Pusat Layanan Ibu dan Anak Primaya Hospital.

Selain didukung dengan peralatan dan teknologi yang canggih, ICU/NICU/PICU di RSIA Prima Medika juga ditangani oleh tim medis yang berkompeten yang terdiri dari para dokter spesialis dan perawat yang terampil di bidangnya.