RS helsa

Fakoemulsifikasi

Fakoemulsifikasi adalah operasi katarak yang dilakukan dengan mengambil bagian depan lensa mata tanpa merusak kapsul posterior. Prosedur ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah fakoemulsifikasi, dokter akan memasang lensa buatan (IOL) agar mata dapat melihat dengan lebih jelas.

Pasien yang beresiko tinggi terkena katarak juga dapat menjalani prosedur ini. Contohnya adalah orang yang memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, dan kelebihan berat badan (obesitas). Prosedur ini juga dapat mengatasi penglihatan yang buram akibat cedera atau trauma pada mata.

Tindakan ini memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi. Pasien mengaku mereka dapat melihat dengan lebih jelas serta mengenali warna dan bentuk dengan lebih akurat. Pada sebuah studi besar, 95 dari 100 pasien dewasa merasa puas karena dapat lebih leluasa bergerak dan mandiri. Mereka juga merasa lega karena terbebas dari ketakutan atas kebutaan.

Fakoemulsifikasi membutuhkan waktu sekitar satu jam dan hanya dapat dilakukan pada satu mata. Pasien yang memiliki katarak pada kedua matanya biasanya perlu menunggu dua minggu sebelum katarak di mata satunya dapat dihilangkan