RS helsa

Radiografi Gigi

Radiografi gigi atau Rontgen Gigi dengan Periapikal adalah salah satu jenis rontgen gigi dengan teknik Periapikal X-Ray. Rontgen gigi ini menunjukkan keseluruhan gigi mulai dari mahkota gigi sampai pada akar dan tulang yang menyokong gigi kamu. Selain itu, digunakan untuk mencari masalah gigi yang berada di bawah permukaan gusi atau dalam rahang seperti gigi yang bertumpuk, kista, tumor atau perubahan tulang yang diakibatkan oleh adanya penyakit tertentu. Rontgen teknik ini memungkinkan dokter gigi dapat memastikan penanganan selanjutnya yang perlu dilakukan.

Kapan Anda perlu foto rontgen?

Dokter gigi akan meninjau riwayat dan memeriksa kesehatan mulut Anda, kemudian memutuskan apakah perlu dilakukan pengambilan foto rontgen dan jenis foto yang dipilih. Prosedur pengambilan foto rontgen ini tergantung pada kebutuhan masing-masing pasien. Beberapa mungkin bisa melakukan pemeriksaan ini setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Tetapi beberapa lainnya mungkin butuh beberapa tahun sekali. Namun, jika Anda sedang mengalami masalah gigi atau perawatan tertentu, pengambilan mungkin akan dilakukan lebih sering.

Meski sekilas memang terlihat rumit, rontgen gigi merupakan alat umum yang penting dari suatu perawatan gigi. Beberapa manfaatnya yaitu :

  1. Memberikan gambaran mengenai jaringan keras (gigi dan tulang) serta jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan tulang rahang.
  2. Memberikan gambaran seberapa dalam kerusakan gigi atau gigi berlubang yang berkembang di dalamnya atau penambalan yang sudah dilakukan.
  3. Melihat adanya penyakit gusi (penyakit periodontal).
  4. Melihat adanya infeksi yang berkembang di bawah gusi.
  5. Melihat arah pertumbuhan dan perkembangan gigi pada anak.
  6. Mengevaluasi cedera yang terjadi pada daerah mulut dan wajah.
  7. Membantu dokter untuk mengidentifikasi adanya suatu penyakit dan masalah perkembangan sebelumnya.